Wednesday, February 27, 2019

Sifat Ulama Yang Dijadikan Panutan


🚇SIFAT ULAMA YANG DIJADIKAN PANUTAN

❱ Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah

[ Pertanyaan ]

Apa kriteria ulama yang dijadikan panutan?

[ Jawaban ]

[ + ] Kriteria ulama yang dijadikan panutan
√- adalah orang-orang yang berilmu tentang Allah ta'ala,
√- memahami al-Qur'an dan sunnah Rasulullah [ﷺ],
√- menghiasi diri mereka dengan ilmu yang bermanfaat dan amal shalih.

Maka ulama yang dijadikan panutan adalah orang-orang yang menggabungkan antara dua perkara yakni ilmu yang bermanfaat dan amal shalih.

✘- Sehingga tidaklah diikuti seorang 'alim yang tidak mengamalkan ilmunya,
✘- begitu pula tidak diikuti seorang yang bodoh yang tidak memiliki ilmu.

Maka yang diikuti hanyalah seseorang yang menggabungkan dua perkara yakni ilmu yang bermanfaat dan amal shalih.

Terkait dengan ulama yang mereka itu dijadikan panutan di negeri kita
dan yang didapati kaset-kaset mereka banyak jumlahnya --alhamdulillah--
dikenal di antara manusia, tidak seorangpun tak kenal mereka baik yang ada di desa maupun kota, yang tua maupun yang muda.

(•) Mereka orang-orang yang memberikan fatwa, putusan, pengajaran, dan sebagainya. Mereka itu orang-orang yang dikenal dari mereka keilmuannya, ketakwaannya, dan sikap wara'nya. Pimpinan ulama kita yakni Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah. Beliau adalah seseorang yang Allah ta'ala anugrahkan kepadanya ilmu yang kuat, amal shalih , dakwah kepada Allah, keikhlasan, dan kejujuran. Tidak tersembunyi atas setiap orang, Beliau --wallillahil hamd-- muncul darinya kebaikan yang banyak berupa tulisan, karangan, kaset, dan pelajaran.

(•) Demikian pula ulama yang memberikan fatwa dalam acara “Nurun 'Alad Darb”, mereka juga --walillahil hamd-- Anda kenal dari mereka fatwa-fatwa yang tepat dan ucapan yang bermanfaat, mereka adalah Samahatusy Syailkh Abdul Aziz bin Baz, Fadhilatusy Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin, dan saudara-saudara mereka dari kalangan hakim yang memiliki keutamaan. Keutamaan tersebut diperoleh karena tidak tersibukkan dengan pengadilan dan manusia percaya terhadap darah, harta, dan kemaluan mereka hanyalah kepada orang yang dipercaya keilmuannya.

(•) Sesungguhnya para ulama ini memiliki kesungguhan dalam dakwah, keikhlasan, dan membantah terhadap orang yang ingin memalingkan dakwah dari jalannya yang benar, baik sengaja maupun tidak sengaja. Mereka ini memiliki pengalaman, pengetahuan, pendapat yang bagus, dan pengatahuan terhadap yang shahih dari yang tidak shahih.

(•) Maka WAJIB
√- Anda memiliki kaset dan pelajaran mereka serta mengambil manfaatnya karena di dalamnya ada banyak manfaat untuk kaum muslimin.
✘- Namun setiap 'alim tidak lepas dari kesalahan dan penyimpangan dalam perjalanan atau pemikiran, maka hendaknya berhati-hati darinya.

(•) Sehingga JANGANLAH
✘- mengambil ilmu dari Juhhal (orang-orang bodoh) meskipun mereka memberikan pengajaran
✘- dan tidak mengambil pula dari orang yang menyimpang dalam aqidah karena kesyirikan atau penolakan
✘- serta tidak megambil dari ahli bid'ah dan orang yang menyimpang meskipun dinamakan ulama.

(•) Maka ulama ada tiga jenis:
[⚙️] Orang yang memiliki ilmu yang manfaat dan amal shalih
[⚙️] Orang yang berilmu tanpa diamalkan
[⚙️] Orang yang beramal tanpa ilmu

Allah ta'ala telah menyebutkan tiga jenis ini akhir surat Al-Fatihah, dan kita diperintah memohon kepada Allah ta'ala agar memberi hidayah kepada jenis jalan yang pertama dan menjauhkan kita dari dua jenis jalan yang terakhir.

Allah ta'ala berfirman:

{ اهدنا الصراط المسنقيم. صراط الذين أنعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولا الضلين. }

“Tunjukkanlah kepada kami jalan yang lurus. Yaitu jalan yang telah Engkau beri nikmat atas mereka. Bukan jalan yang Engkau murka atas mereka dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.” [Al-Fatihah: 6-7]

[⚙️] Allah ta'ala menjadikan jenis yang pertama sebagai orang yang diberi nikmat atasnya,
[⚙️] dan jenis yang kedua sebagai yang dimurkai atasnya,
[⚙️] serta yang ketiga sebagai orang yang sesat.
— Dua jenis yang terakhir ini seperti kelompok-kelompok yang menyimpang pada hari ini, meskipun kelompok tersebut menisbatkan kepada Islam.

📚[Al-Ajwibah Mufidah 'an Asilatil Manahijil Jadidah, hal. 25]

🚇جواب فضيلة الشيخ صالح بن فوزان الفوزان حفظه الله

[ السؤال ]

ماهي أوصاف العلماء الذين يقتدى بهم؟

[ الجواب ]

أوصاف العلماء الذين يقتدى بهم:هم أهل العلم بالله سبحانه وتعالى، الذين تفقهوا في كتاب الله وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم،وتحلوا بالعلم النافع، وكذلك يتحلون بالعمل الصالح.

الذين يقتدى بهم: هم الذين جمعوا بين الأمرين، بين العلم النافع والعمل الصالح، فلا يقتدى بعالم لا يعمل بعلمه، ولا يقتدى بجاهل ليس عنده علم، ولا يقتدى إلا بمن جمع بين الأمرين: العلم النافع والعمل الصالح.

وبالنسبة للذين يقتدى بهم في بلادنا ومن تؤخذ أشرطتهم وهم كثيرون ـ ولله الحمد ـ معروفون عند الناس، لا يجهلهم أحد لا البادية ولا الحاضرة، ولا الكبار ولا الصغار، هم القائمون على أعمال الفتوى والقضاء والتدريس وغير ذلك، والذين عرف عنهم العلم والتقى والورع، وعلى رأس علمائنا الشيخ عبد العزيز بن باز ـ رحمه الله ـ فإنه رجل منّ الله عليه بالعلم الغزير، والعمل الصالح، والدعوة إلى الله، والإخلاص والصدق، وما لا يخفى على كل أحد، وهو ـ ولله الحمد ـ صدر عنه خير كثير من الكتابات ومن المؤلفات ومن الأشرطة ومن الدروس .

وكذلك العلماء الذين يفتون في برنامج نور على الدرب، هؤلاء أيضا ـ ولله الحمد ـ عرفت عنهم الفتاوى الصائبة، والأقوال النافعة، وهم سماحة الشيخ عبد العزيز بن باز،وفضيلة الشيخ محمد بن صالح العثيمين، وإخوانهم من أصحاب الفضيلة القضاة، لأنه لا يشتغل بالقضاء ويثق الناس به في دمائهم وأموالهم وفروجهم إلا من كان موثوقا بعلمه.

إن هؤلاء لهم جهود في الدعوة والإخلاص والرد على من يريدون الانحراف بالدعوة عن طريقها الصحيح، سواء عن قصد أو غير قصد، هؤلاء لهم تجارب ولهم خبرة وسبر للأقوال، ومعرفة الصحيح من السقيم، فيجب أن تروج أشرطتهم ودروسهم، وأن ينتفع بها، فإن فيها فائدة كبيرة للمسلمين، وكل عالم لم يجرب عليه خطأ، ولم يجرب عليه انحراف في السيرة أو الفكر فإنه يؤخذ عنه.

فلا يجوز الأخذ عن الجهال ولو كانوا متعالمين، ولا الأخذ عن المنحرفين في العقيدة بشرك أو تعطيل، ولا الأخذ عن المبتدعة والمنحرفين وإن سموا علماء.

فالأصناف ثلاثة: أهل العلم النافع والعمل الصالح، وأهل العلم بدون عمل، وأهل العمل بدون علم.

وقد ذكر الله تعالى هذه الأصناف في آخر سورة الفاتحة، وأمرنا أن نسأله أن يهدينا إلى طريق الصنف الأول، وأن يجنّبنا طريق الصنفين الآخرين، قال تعالى: { اهدنا الصراط المستقيم ـ صراط الذين أنعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولا الضالين. } [ الفاتحة: 6-7]

فجعل الصنف الأول منعما عليه، والصنف الثاني مغضوبا عليه، والصنف الثالث ضالا.

وهذان الصنفان الأخيران يمثلان الفرق المنحرفة اليوم، وإن كانت تنتسب إلى الإسلام.

📚[الأجوبة المفيدة عن أسئلة المناهج الجديدة - لفضيلة الشيخ صالح بنx فوزان الفوزان حفظه الله ص 25]

Url: http://bit.ly/Fw400616
📮••••|Edisi| t.me/ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net

// Sumber: Tg @ukhwh / Dari: Sahab•Net { https://goo.gl/53GVa2 }

0 komentar

Post a Comment