Thursday, August 24, 2017

Tidak Semua Taklid Adalah Kekufuran, Kefasikan, Atau Kesyirikan

❱ Fatwa al-Lajnah ad-Da'imah li al-Buhuts al-'Ilmiah wa al-Ifta' - Fatwa no. 11296

[ Pertanyaan 3 ]

Ada kelompok yang mengatakan: Bahwa taklid mengantarkan kepada kekafiran yang sesungguhnya, juga kepada kefasikan dan kesyirikan. Mereka juga menyematkan label kafir dan sesat kepada empat imam mazhab. Bagaimana hukumnya? Menurut mereka, ini merupakan pendapat para ulama Haramain (Makkah dan Madinah), Kerajaan Arab Saudi, dan Kuwait.

[ Jawaban 3 ]

■ [1] Tidak semua taklid adalah kekafiran secara mutlak, atau kefasikan dan kesyirikan. Namun ada penjelasan untuk masing-masing hukumnya. Ini dapat dilihat dalam jawaban pertanyaan kedua yang telah lalu.

■ [2] Tidak seorang pun dari keempat imam mazhab yang mengajak orang-orang untuk mengikuti mereka. Tidak ada fanatisme atau penetapan kewajiban dari mereka agar orang-orang mempraktikan mazhab mereka atau mazhab tertentu.

Sesungguhnya yang para imam rahimahullah lakukan adalah
(•) mengajak umat untuk mengamalkan al-Quran dan Sunah,
(•) memberikan penjelasan terhadap teks-teks agama,
(•) menguraikan kaidah-kaidahnya,
(•) menyimpulkan sub-pembahasan dari dalil-dalil itu,
(•) dan memberikan fatwa atas pertanyaan yang dilontarkan kepada mereka dengan berpijak pada al-Quran dan Sunah.

✘ Mereka tidak mewajibkan orang-orang yang belajar dari mereka atau siapa pun untuk terikat pada pendapat ulama tertentu. Justru mereka mencela hal tersebut dan memerintahkan untuk mengabaikan pendapat mereka jika bertentangan dengan hadis sahih. Salah seorang dari mereka berkata, “Apabila terdapat hadis yang sahih, maka itu adalah mazhabku.”

✔️ Seorang muslim harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencari kebenaran sendiri jika dia memiliki kapabilitas untuk itu. Dia harus memohon pertolongan kepada Allah, kemudian menerapkan ilmu yang diwariskan oleh para ulama terdahulu yang memudahkannya untuk memahami dan menerapkan dalil-dalil tersebut.

Bagi orang yang tidak mampu memahami dan menyimpulkan hukum-hukum syariat dari dalil-dalilnya karena suatu kendala, maka hendaknya dia bertanya kepada ulama yang terpercaya tentang hukum syariat yang dia perlukan, agar sedapat mungkin mengetahui kebenaran sekaligus dalilnya. Ini berdasarkan firman Allah Ta'ala, “Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.”

✔️ Dia juga harus berusaha menyampaikan pertanyaan tersebut kepada ulama yang terpercaya dan diakui
(•) dalam aspek keilmuan,
(•) keutamaan,
(•) ketakwaan, dan
(•) kesalehannya.

Keterangan ini tentunya menunjukkan bahwa keempat imam mazhab tersebut bersih dari tuduhan pihak-pihak tertentu, seperti yang dijelaskan dalam pertanyaan. Ini juga menegaskan bahwa klaim kafir dan sesat yang dialamatkan kepada mereka hanya tuduhan palsu belaka.

(•) Tidak ada satu pun ulama Haramain, baik Makkah atau Madinah, juga seantero Kerajaan Arab Saudi yang mencela para imam fikih, baik itu Malik, Abu Hanifah, Syafi' atau Ahmad bin Hanbal, juga ulama-ulama fikih Islam lainnya. Tidak satu pun juga yang melecehkan mereka. Bahkan sudah diketahui secara luas bahwa mereka memuliakan, menghargai jasa, serta mengakui keluhuran para imam tersebut dalam mengabdi dan menjaga agama Islam. Para ulama juga memahami dalil-dalil dan kaidah-kaidah (para imam tersebut), menjelaskan, menyampaikan, berjihad membelanya, menghapuskan salah pemahaman darinya, dan memberantas kepalsuan dan bidah yang dibuat-buat oleh para pendusta.

[↑] Semoga Allah memberikan balasan yang terbaik atas jasa mereka terhadap Islam dan kaum muslimin.

Hal yang menunjukkan sikap penghormatan dan penghargaan para ulama Haramain dan segenap Kerajaan Arab Saudi terhadap empat imam mazhab adalah mengajarkan pemikiran dan karya mereka di Masjidil Haram di Makkah Musyarafah, Madinah Munawarah, serta di seluruh masjid Kerajaan Arab Saudi dan berbagai universitasnya. Selain itu, penghormatan dan penghargaan juga ditunjukkan dengan mencetak buku mereka dalam jumlah besar, kemudian disebarkan ke berbagai negara yang memiliki penduduk beragama Islam.

Wabillahittaufiq, wa Shallallahu 'ala Nabiyyina Muhammad wa 'ala Alihi wa Shahbihi wa Sallam.

[ س3 ]

من يقول: إن التقليد كفر مطلقًا وفسق وشرك، وينسبون إلى الأئمة الأربعة الكفر والضلال، فماذا حكمه؟ وهم يقولون: هذا رأي علماء الحرمين والمملكة السعودية والكويت .

[ جـ 3 ]

■ [1] ليس كل تقليد كفرًا بإطلاق أو فسقًا أو شركًا، بل الصواب أن في حكمه تفصيلاً، يعرف من الجواب على السؤال الثاني فيما تقدم.

■ [2] لم يدع أحد من الأئمة الأربعة إلى مذهبه، ولم يتعصب له، ولم يلزم الناس بالعمل به أو بمذهب معين، إنما كانوا يدعون إلى العمل بالكتاب والسنة -رحمهم الله- ويشرحون نصوص الدين، ويبينون قواعده، ويفرعون عليها، ويفتون فيما يسألون عنه مع الدليل من الكتاب والسنة،

✘ دون أن يلزموا تلاميذهم أو غيرهم برأي أحد معين من علماء الأمة، بل يعيبون ذلك، ويأمرون أن يضرب برأيهم عرض الحائط إذا خالف الحديث الصحيح، ويقول قائلهم: 《 إذا صح الحديث فهو مذهبي 》،

✔️ وعلى المسلم أن يجتهد في معرفة الحق بنفسه إن استطاع ذلك، ويستعين بالله ثم بالثروة العلمية التي خلفها السابقون من علماء المسلمين لمن بعدهم، والتي يسروا لهم بها طريق فهم النصوص وتطبيقها.

ومن لم يستطع فهم الأحكام من أدلتها واستنباطها لأمر ما عاقه عن ذلك - سأل أهل العلم الموثوق بهم عما يحتاجه من أحكام الشريعة، رجاء معرفة الحق بدليله قدر الاستطاعة؛ لقوله تعالى: 《 فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ 》،

✔️ وعليه أن يتحرى في سؤاله من يثق به من المشهورين بالعلم والفضل والتقوى والصلاح.

وبهذا يعلم أن الأئمة الأربعة براء مما اتهموا به وأن ما نسب إليهم من الكفر والضلال زور وبهتان.

(•) ليس من علماء الحرمين مكة والمدينة ولا من سائر علماء المملكة السعودية من يذم أئمة الفقهاء مالكا وأبا حنيفة والشافعي وأحمد بن حنبل ونحوهم من علماء الفقه الإسلامي ولا من يزدريهم، بل المعروف عنهم أنهم يوقرونهم ويعرفون لهم فضلهم وأن لهم قدم صدق في خدمة الإسلام وحفظه وفهم نصوصه وقواعده وبيان ذلك وإبلاغه والجهاد في نصره والذود عنه ودفع الشبهة عنه وإبطال ما انتحله المنتحلون وابتدعه المفترون

[↑] فجزاهم الله عن الإسلام والمسلمين خيرا.

يدل على موقف علماء الحرمين وسائر علماء المملكة السعودية من الأئمة الأربعة موقف تكريم وتقدير عنايتهم بتدريس مذاهبهم ومؤلفاتهم في المسجد الحرام بمكة المشرفة والمدينة المنورة وسائر مساجد المملكة السعودية وفي جامعاتها وعنايتهم بطبع الكثير من كتبهم وتوزيعها ونشرها بين المسلمين في جميع الدول التي بها مسلمون.

وبالله التوفيق وصلى الله وسلم وبارك على عبده ورسوله نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم.

Komite Tetap Riset Ilmiah Dan Fatwa
◈ Ketua: Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
◈ Wakil Ketua: Abdurrazzaq 'Afifi
◈ Anggota: Abdullah bin Ghadyan;

••••
📮http://ift.tt/2lzxjNF [M.U.S]
🌍www.alfawaaid.net

₪ Dari Channel Telegram Al-Ukhuwwah @ukhwh // Sumber: AlIfta.Net { http://bit.ly/alifta11296 }

➥ #Info #Fatwa #taklid #kufur #fasik #syirik

0 komentar

Post a Comment