Monday, April 23, 2018

Memang Butuh Rekomendasi Untuk Berdakwah & Ketika Orang Yang Lebih Berilmu Mengarahkannya Untuk Berhenti, Maka Dia Akan Mengikutinya


🚇MEMANG BUTUH REKOMENDASI UNTUK BERDAKWAH & KETIKA ORANG YANG LEBIH BERILMU MENGARAHKANNYA UNTUK BERHENTI, MAKA DIA AKAN MENGIKUTINYA

Al-Imam Imam Malik bin Anas rahimahullah berkata:

ما أفتيتُ حتى شهِد لي سبعون أني أهل لذلك

“Aku tidak berfatwa sampai ada tujuh puluh (ulama) yang bersaksi untukku kalau saya pantas untuk itu.”

📚[Hilyah al-Auliya Karya Abu Nu'aim al-Ashbhaani: Juz 6, hal 316]

// •• //

Khalaf bin Amer rahimahullah berkata:

سمعت مالك بن أنس يقول: ما أجبت في الفتيا حتى سألت من هو أعلم مني، هل يراني موضعًا لذلك؟ سألتُ ربيعة، وسألت يحيى بن سعيد، فأمراني بذلك،فقلت له: يا أبا عبدالله، فلو نهَوْك؟ قال: كنت أنتهي، لا ينبغي لرجل أن يرى نفسه أهلًا لشيء حتى يسأل من هو أعلم منه.

•• Aku mendengar Malik bin Anas berkata: “Aku tidak menjawab fatwa sampai bertanya kepada orang yang lebih berilmu dariku, apakah ia melihat aku pantas untuk itu?”

•• Aku bertanya kepada Rabi'ah, Aku bertanya kepada Yahya bin Sa'id. Maka keduanya memerintahkan aku untuk itu.

•• Lalu aku bertanya kepada Malik: “Terus jika mereka melarangmu (berfatwa)?”

•• Beliau menjawab: “Aku akan berhenti (berfatwa). Tidak sepantasnya seorang melihat dirinya sudah mampu untuk suatu perkara, sampai dia bertanya kepada orang yang lebih berilmu darinya.”

📚[Hilyah al-Auliya Karya Abu Nu'aim al-Ashbahani: Juz 6, hal 317]

Url: http://bit.ly/Fw390808 { Dengan sedikit penyesuaian Judul }
📮••••|Edisi| @ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net

// Sumber: Channel Telegram @ForumSalafy // Dari: https://t.me/kibarolama/1036

0 komentar

Post a Comment