🚇ISLAM HANYA MENGAJARKAN SUNNAH HASANAH, BUKAN BID'AH HASANAH
◈ Rasulullah -ﷺ- bersabda,
《 مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً، فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ ؛ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا، وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ. 》
“Siapa yang mengajarkan Sunnah Hasanah (sunnah yang baik) dalam Islam, kemudian diamalkan sepeninggalnya, akan dituliskan bagi orang yang mengajari, pahala orang yang melakukannya, dan tidak mengurangi pahala untuk orang yang beramal sedikit pun.” [HR. Muslim]
❱ Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah mengatakan,
وليس في الدين بدعة حسنة أبدًا، والسنة الحسنة هي التي توافق الشرع، وهذه تشمل أن يبدأ الإنسان بالسنة أي يبدأ العمل بها، أو يبعثها بعد تركها، أو يفعل شيئًا يسنه يكون وسيلة لأمر متعبد به فهذه ثلاثة أشياء:
[ الأول ] ※ إطلاق السنة على من ابتدأ العمل ويدل له سبب الحديث فإن النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- حث على التصدق على القوم الذين قدموا عليه -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- وهم في حاجة وفاقة، فحث على التصدق فجاء رجل من الأنصار بصرة من فضة قد أثقلت يده فوضعها في حجر النبي عليه الصلاة والسلام، فقال النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-:« من سن في الإسلام سنة حسنة فله أجرها وأجر من عمل بها » فهذا الرجل سن سنة ابتداء عمل لا ابتداء شرع.
[ الثاني ] ※ السنة التي تركت ثم فعلها الإنسان فأحياها فهذا يقال عنه: سنها بمعنى أحياها وإن كان لم يشرعها من عنده.
[ الثالث ] ※ أن يفعل شيئًا وسيلة لأمر مشروع مثل بناء المدارس وطبع الكتب فهذا لا يتعبد بذاته ولكن لأنه وسيلة لغيره فكل هذا داخل في قول النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: " « من سن في الإسلام سنة حسنة فله أجرها وأجر من عمل بها » . والله أعلم.
[ الأول ] ※ إطلاق السنة على من ابتدأ العمل ويدل له سبب الحديث فإن النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- حث على التصدق على القوم الذين قدموا عليه -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- وهم في حاجة وفاقة، فحث على التصدق فجاء رجل من الأنصار بصرة من فضة قد أثقلت يده فوضعها في حجر النبي عليه الصلاة والسلام، فقال النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-:« من سن في الإسلام سنة حسنة فله أجرها وأجر من عمل بها » فهذا الرجل سن سنة ابتداء عمل لا ابتداء شرع.
[ الثاني ] ※ السنة التي تركت ثم فعلها الإنسان فأحياها فهذا يقال عنه: سنها بمعنى أحياها وإن كان لم يشرعها من عنده.
[ الثالث ] ※ أن يفعل شيئًا وسيلة لأمر مشروع مثل بناء المدارس وطبع الكتب فهذا لا يتعبد بذاته ولكن لأنه وسيلة لغيره فكل هذا داخل في قول النبي -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: " « من سن في الإسلام سنة حسنة فله أجرها وأجر من عمل بها » . والله أعلم.
“Tidak ada di dalam agama ini bid'ah hasanah, selamanya.
▸ Sunnah hasanah itu adalah yang sesuai syariat.
▸ Sunnah hasanah mencakup seseorang memulai sunnah,
• yakni mulai mengamalkannya,
• menghidupkannya setelah mati,
• atau melakukan sesuatu sunnah yang menjadi sarana perkara untuk ibadah.
■ Sehingga, sunnah hasanah ada tiga hal:
(➊) ※ Sebutan “sunnah” bagi orang yang mulai mengamalkan
Hal inilah yang ditunjukkan sababul wurud hadis. Nabi -ﷺ- menganjurkan untuk bersedekah bagi suatu kaum yang datang menemui Nabi -ﷺ-. Lalu beliau pun bersabda, “Siapa yang mengajarkan sunnah hasanah dalam Islam, maka dia mendapat pahala serta pahala orang yang beramal setelahnya.” Maka, orang yang pertama bersedekah, dia telah mengajarkan sunnah. Dia memulai amalan, bukan mulai mensyariatkan.
(➋) ※ Sunnah yang ditinggalkan, lalu dilakukan oleh seseorang dan dia menghidupkannya
Maka dia dikatakan, telah mengajarkan sunnah, yakni dia menghidupkannya. Dia tidak mensyariatkannya dari dirinya sendiri.
(➌) ※ Melakukan sesuatu yang merupakan sarana untuk hal yang disyariatkan
Contohnya, membangun sekolah, mencetak kitab. Dia tidak beribadah dengan amalan itu sendiri, namun beribadah karena itu adalah sarana untuk hal lainnya.
[↑] Maka semua ini termasuk dalam sabda Nabi -ﷺ-, ‘Siapa yang mengajarkan dalam Islam sunnah hasanah, maka dia mendapat pahalanya dan orang yang mencontohnya’.”
📚[Majmu' Fatawa wa Rasail Ibni Utsaimin]
📮••••|Edisi| @ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net
₪ Dari Channel Telegram @MajalahTashfiyah
➥ #Manhaj #Hadis #fatwa #IbnuUtsaimin #sunnah #bidah #hasanah
0 komentar
Post a Comment