๐SHALAT MUSAFIR - [Baqian 1]
(โ) Apakah yang dimaksud dengan safar?
[ Jawab ]
Safar adalah perjalanan meninggalkan daerah tempat tinggal untuk keperluan tertentu. Orang yang melakukannya disebut musafir. Safar bukanlah perjalanan biasa, namun membutuhkan perhatian lebih dari perjalanan biasa, karena itu dibutuhkan persiapan khusus seperti penyiapan bekal, penyesuaian kendaraan, dan semisalnya.
(โ) Apakah hukum safar dan bagaimana pembagiannya (haram, makruh, mubah, mustahab, wajib)?
[ Jawab ]
Berdasarkan hukumnya, safar terbagi menjadi:
โ โป HARAM, safar untuk kemaksiatan atau hal-hal yang dilarang Allah. Termasuk di antaranya adalah safar seorang wanita sendirian tanpa didampingi mahram.
ุนููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ุฑูุถูููโโ โุงูููููู ุนูููููู
ูุง ููุงูู ููุงููโโ โุงููููุจูููู ุตููููู ุงููููููโโ โุนููููููู ููุณููููู
ู ใ ููุงโ โุชูุณูุงููุฑู ุงููู
ูุฑูุฃูุฉู ุฅููููุงโ โู
ูุนู ุฐูู ู
ูุญูุฑูู
ู. ใ
Dari Ibnu Abbas radliyallaahu โanhu beliau berkata: Rasulullah -๏ทบ- bersabda: โJanganlah seorang wanita safar kecuali bersama seorang mahram โฆ.โ [HR al Bukhari dan Muslim]
โ โป MAKRUH, seperti seorang yang safar sendirian.
ุนููู ุงุจููู ุนูู
ูุฑู ใ ุฃููููโโ โุงููููุจูููู ุตููููู ุงููููููโโ โุนููููููู ููุณููููู
ู ููููู ุนูููโโ โุงููููุญูุฏูุฉู ุฃููู ููุจููุชูโโ โุงูุฑููุฌููู ููุญูุฏููู ุฃูููโโ โููุณูุงููุฑู ููุญูุฏููู. ใ
Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah -๏ทบ- melarang dari bersendirian, yaitu seorang bermalam sendirian atau safar sendirian. [HR Ahmad]
โ โป MUBAH, seperti berdagang dengan cara yang halal.
โ โป MUSTAHAB (disukai), seperti bersilaturrahmi menuju karib kerabat.
โ โป WAJIB, seperti safar untuk tujuan berhaji yang pertama bagi yang mampu.
(โ) Berapakah jarak minimum safar?
[ Jawab ]
Terdapat perbedaan pendapat yang sangat banyak dari para Ulamaโ, sampai-sampai Ibnul Mundzir menyatakan bahwa dalam masalah ini (penentuan jarak minimum safar) terdapat hampir 20 pendapat.
Namun, beberapa pendapat yang masyhur di antaranya:
โ โป Sejauh jarak perjalanan 3 hari.
Ini adalah pendapat Ibnu Masโud, Saโid bin Jubair, Sufyan atTsaury dan Abu Hanifah.
โ Dalilnya:
ใ ููุง ููุญูููู ููุงู
ูุฑูุฃูุฉูโโ โุชูุคูู
ููู ุจูุงููููููโโ โููุงููููููู
ู ุงููุขุฎูุฑู ุฃูููโโ โุชูุณูุงููุฑู ุณูููุฑูุง ูููููููโโ โุซูููุงุซูุฉู ุฃููููุงู
ู ููุตูุงุนูุฏูุงโ โุฅููููุง ููู
ูุนูููุง ุฃูุจููููุงโ โุฃููู ุงุจูููููุง ุฃููู ุฒูููุฌูููุงโ โุฃููู ุฃูุฎููููุง ุฃููู ุฐููโ โู
ูุญูุฑูู
ู ู
ูููููุง. ใ
โTidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir safar 3 hari atau lebih kecuali bersama ayahnya, anaknya, suaminya, saudara laki-lakinya, atau mahramnyaโ [HR Muslim]
ุนููู ุดูุฑูููุญู ุจููู ููุงููุฆูโโ โููุงูู ใ ุฃูุชูููุชู ุนูุงุฆูุดูุฉูโโ โุฃูุณูุฃูููููุง ุนููู ุงููู
ูุณูุญูโโ โุนูููู ุงููุฎูููููููู ใ ููููุงููุชูโโ โใ ุนููููููู ุจูุงุจููู ุฃูุจููโ โุทูุงููุจู ููุณููููู ููุฅููููููโโ โููุงูู ููุณูุงููุฑู ู
ูุนู ุฑูุณููููโโ โุงูููููู ุตููููู ุงููููููโโ โุนููููููู ููุณููููู
ูโโ โููุณูุฃูููููุงูู ใ ููููุงูู ใ ุฌูุนูููโโ โุฑูุณูููู ุงูููููู ุตูููููโ โุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ูโโ โุซูููุงุซูุฉู ุฃููููุงู
ูโโ โููููููุงููููููููู ููููู
ูุณูุงููุฑู. ใ
Dari Syuraih bin Haniโ beliau berkata: โAku mendatangi Aisyah bertanya tentang mengusap 2 khuf.โ Aisyah berkata: โTanyakanlah kepada Ali bin Abi Thalib karena ia pernah safar bersama Rasulullah -๏ทบ-, maka kamipun menanyakan kepada beliau.โ Ali berkata: โRasulullah -๏ทบ- menjadikan batas pengusapan (khuf) 3 hari 3 malam bagi musafirโฆโ [HR Muslim]
โ Sebagian Ulamaโ menjelaskan bahwa jarak perjalanan 1 hari adalah setara 2 barid โฃ 24 mil โฃ sekitar 43,2 km, sehingga jarak perjalanan 3 hari adalah sekitar 129,6 km.
โ โป Sejauh jarak perjalanan 2 hari ( 4 barid).
Ini adalah pendapat Ibnu Abbas, Ibnu Umar (dalam sebagian riwayat), Malik, Asy-Syafiโi, Ahmad. Sedangkan dari Ulamaโ abad ini yang berpendapat demikian adalah Syaikh Bin Baz, Lajnah ad-Daaimah, Syaikh Shalih alFauzan, dan Syaikh Abdullah Ar-Rajihi, Dalilnya:
ใ ููุง ุชูุณูุงููุฑู ุงููู
ูุฑูุฃูุฉูโโ โู
ูุณููุฑูุฉู ููููู
ููููู ุฅููููุงโ โููู
ูุนูููุง ุฒูููุฌูููุง ุฃููู ุฐููโ โู
ูุญูุฑูู
ู. ใ
โJanganlah seorang wanita melakukan safar sejarak perjalanan 2 hari kecuali bersama suami atau mahramnya.โ [HR al Bukhari]
Al-Bukhari menyatakan:
ใ ููููุงูู ุงุจููู ุนูู ูุฑู ููุงุจูููโโ โุนูุจููุงุณู ุฑูุถููู ุงููููููโโ โุนูููููู ู ููููุตูุฑูุงููโโ โููููููุทูุฑูุงูู ููู ุฃูุฑูุจูุนูุฉูโโ โุจูุฑูุฏู ูููููู ุณูุชููุฉู ุนูุดูุฑูโโ โููุฑูุณูุฎูุง. ใ
โIbnu Umar dan Ibnu Abbas -semoga Allah meridlai keduanya- melakukan qashar dan berbuka (tidak berpuasa) pada perjalanan 4 barid yaitu 16 farsakh.โ [Shahih al-Bukhari juz 4 halaman 231]
โ โป Tidak ada batasan jarak, selama sudah bermakna โsafarโ maka terhitung safar.
Hal-hal yang membedakan safar dengan perjalanan biasa bisa terlihat dari beberapa indikasi, di antaranya: perlunya membawa bekal yang cukup, adanya hal-hal yang dipersiapkan secara khusus sebelum keberangkatan (misal pengecekan kondisi kendaraan yang lebih intensif dibandingkan jika dalam penggunaan yang biasa/normal), adanya kesulitan/kepayahan menempuh perjalanan yang tidak didapati pada perjalanan biasa, dan hal-hal lain semisalnya.
Pendapat tanpa batasan jarak minimum ini adalah pendapat Umar bin al-Khattab, Ibnu Umar dalam sebagian riwayat, Anas bin Malik, Saโid bin al-Musayyib, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, Asy-Syaukani, As-Shanโaani, Abdurrahman as-Saโdi, Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin.
Dalilnya adalah keumuman ayat:
ใ ููุฅูุฐูุง ุถูุฑูุจูุชูู
ู ููู ุงููุฃูุฑูุถูโ ููููููุณู ุนูููููููู
ู ุฌูููุงุญู ุฃูููโ ุชูููุตูุฑููุง ู
ููู ุงูุตููููุงุฉู. ใ
โJika kalian melakukan perjalanan di muka bumi, maka tidak ada dosa bagi kalian untuk mengqashar shalat โฆ.โ [QS an-Nisaa: 101]
Tidak terdapat hadits shahih maupun hasan yang secara tegas membatasi jarak minimum safar.
ุนููู ููุญูููู ุจููู ููุฒููุฏู โุงููููููุงุฆูููู ููุงูู ใ ุณูุฃูููุชู โุฃูููุณู ุจููู ู
ูุงูููู ุนูููโ ููุตูุฑู ุงูุตููููุงุฉู ใ ููููุงููโใ ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตูููููโุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ูโ ุฅูุฐูุง ุฎูุฑูุฌู ู
ูุณููุฑูุฉูโ ุซูููุงุซูุฉู ุฃูู
ูููุงูู ุฃูููโุซูููุงุซูุฉู ููุฑูุงุณูุฎู (ุดูููู ุดุนุจุฉ) ุตููููู ุฑูููุนูุชููููู. ใ
Dari Yahya bin Yazid al-Hanaa-i beliau berkata: โAku bertanya kepada Anas bin Malik tentang mengqashar dalam shalat.โ Beliau berkata: โRasulullah -๏ทบ- jika keluar sejarak 3 mil atau 3 farsakh โ keraguan pada perawi bernama Syuโbah- beliau shalat 2 rakaat.โ [HR Muslim]
1 mil โฃ sekitar 1,6 km, sehingga 3 mil sekitar 4,8 km. Sedangkan 1 farsakh โฃ 3 mil โฃ sekitar 14,4 km.
ุนููู ุงููููุฌููุงูุฌู, ููุงูู: ใ ูููููุง โููุณูุงููุฑู ู
ูุนู ุนูู
ูุฑู ุจููู โุงููุฎูุทููุงุจู ููููุณููุฑู ุซููุงูุซูุฉู โุฃูู
ูููุงูู ููููุชูุฌููููุฒู ูููโุงูุตูููุงูุฉ ููููููุทูุฑู. ใ
Dari al-Lajlaaj beliau berkata: โKami pernah safar bersama Umar bin al-Khattab. Beliau melakukan perjalanan sejauh 3 mil mengqashar shalat dan berbuka.โ [Riwayat Ibnu Abi Syaibah no 8221 juz 2 halaman 445]
โ Sebagian Ulamaโ menyatakan bahwa jarak di bawah 3 farsakh yang disebutkan dalam hadits Anas maupun perbuatan Umar adalah jarak minimum permulaan boleh mengqashar shalat dan berbuka (tidak berpuasa), bukan jarak total dari tempat asal ke tujuan. Sebagai contoh, ketika Nabi melakukan perjalanan dari Madinah akan ke Mekkah, pada saat di Dzulhulaifah beliau sudah mengqashar shalat. [Riwayat al-Bukhari dan Muslim]. Padahal jarak Madinah ke Dzulhulaifah adalah sekitar 6 mil atau sekitar 9,6 km.
(โ๏ธ) Dari 3 pendapat tentang jarak minimum safar, pendapat yang rajih (lebih mendekati kebenaran) adalah pendapat yang terakhir yang menyatakan bahwa tidak ada jarak minimum batasan suatu perjalanan dikatakan safar, namun dikembalikan kepada urf (ukuran kebiasaan) setempat. Jika perjalanan dari satu tempat ke tempat tertentu sudah terhitung safar berdasarkan urf di daerah itu, maka hal itu terhitung safar. Jika tidak, maka bukan safar.
Wallaahu aโlam.
๐[Dikutip dari Buku โFiqh Bersuci dan Shalat Sesuai Tuntunan Nabiโ - Penulis: Al-Ustadz Abu Utsman Kharisman hafizhahullah]
๐ฎโขโขโขโข|Edisi| @ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net
โช Disebarkan melalui Channel Telegram @Sifat_Sholat_Nabi
โฅ #Fiqh #Ibadah #Shalat #jamak #jama_ #qasar #qashar
0 komentar
Post a Comment