Thursday, November 12, 2020

Kesejukan Air Mengalir Bahwa Al-Haq Diterima Meskipun Dari Orang Majhul Dan Kafir ( Bag. 1 :: Seri 2 )


🚇KESEJUKAN AIR MENGALIR BAHWA AL-HAQ DITERIMA MESKIPUN DARI ORANG MAJHUL DAN KAFIR

( Bag. 1 :: Seri 2 )

Oleh: Asy-Syaikh Abul ‘Abbas Yasin bin ‘Ali al-Hausyabi al-‘Adani rahimahullah

▶️ [ 2 ] Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berkata:

{ وَكَّلَنِى رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم بِحِفْظِ زَكَاةِ رَمَضَانَ، فَأَتَانِى آتٍ فَجَعَلَ يَحْثُو مِنَ الطَّعَامِ، فَأَخَذْتُهُ، وَقُلْتُ وَاللَّهِ لأَرْفَعَنَّكَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم. قَالَ إِنِّى مُحْتَاجٌ، وَعَلَىَّ عِيَالٌ، وَلِى حَاجَةٌ شَدِيدَةٌ. قَالَ فَخَلَّيْتُ عَنْهُ فَأَصْبَحْتُ فَقَالَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم: يَا أَبَا هُرَيْرَةَ مَا فَعَلَ أَسِيرُكَ الْبَارِحَةَ؟ قَالَ, قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ شَكَا حَاجَةً شَدِيدَةً وَعِيَالاً فَرَحِمْتُهُ، فَخَلَّيْتُ سَبِيلَهُ. قَالَ: أَمَا إِنَّهُ قَدْ كَذَبَكَ وَسَيَعُود, فَعَرَفْتُ أَنَّهُ سَيَعُودُ لِقَوْلِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّهُ سَيَعُودُ. فَرَصَدْتُهُ فَجَاءَ يَحْثُو مِنَ الطَّعَامِ فَأَخَذْتُهُ فَقُلْتُ لأَرْفَعَنَّكَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم. قَالَ دَعْنِى فَإِنِّى مُحْتَاجٌ، وَعَلَىَّ عِيَالٌ لاَ أَعُودُ، فَرَحِمْتُهُ، فَخَلَّيْتُ سَبِيلَهُ فَأَصْبَحْتُ، فَقَالَ لِى رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: يَا أَبَا هُرَيْرَةَ، مَا فَعَلَ أَسِيرُكَ. قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ شَكَا حَاجَةً شَدِيدَةً وَعِيَالاً، فَرَحِمْتُهُ فَخَلَّيْتُ سَبِيلَهُ. قَالَ: أَمَا إِنَّهُ قَدْ كَذَبَكَ وَسَيَعُودُ. فَرَصَدْتُهُ الثَّالِثَةَ فَجَاءَ يَحْثُو مِنَ الطَّعَامِ، فَأَخَذْتُهُ فَقُلْتُ لأَرْفَعَنَّكَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم، وَهَذَا آخِرُ ثَلاَثِ مَرَّاتٍ أَنَّكَ تَزْعُمُ لاَ تَعُودُ ثُمَّ تَعُودُ. قَالَ دَعْنِى أُعَلِّمْكَ كَلِمَاتٍ يَنْفَعُكَ اللَّهُ بِهَا. قُلْتُ مَا هُوَ قَالَ إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ )اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ ) حَتَّى تَخْتِمَ الآيَةَ، فَإِنَّكَ لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ وَلاَ يَقْرَبَنَّكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ. فَخَلَّيْتُ سَبِيلَهُ فَأَصْبَحْتُ، فَقَالَ لِى رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: مَا فَعَلَ أَسِيرُكَ الْبَارِحَةَ؟ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ زَعَمَ أَنَّهُ يُعَلِّمُنِى كَلِمَاتٍ، يَنْفَعُنِى اللَّهُ بِهَا, فَخَلَّيْتُ سَبِيلَهُ. قَالَ: مَا هِىَ؟ قُلْتُ قَالَ لِى إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ مِنْ أَوَّلِهَا حَتَّى تَخْتِمَ (اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ) وَقَالَ لِى لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ وَلاَ يَقْرَبَكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ, وَكَانُوا أَحْرَصَ شَىْءٍ عَلَى الْخَيْرِ. فَقَالَ النَّبِىُّ صلى الله عليه وسلم: أَمَا إِنَّهُ قَدْ صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوبٌ، تَعْلَمُ مَنْ تُخَاطِبُ مُنْذُ ثَلاَثِ لَيَالٍ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ. قَالَ لاَ. قَال: ذَاكَ شَيْطَانٌ.” }


“Rasulullah [ﷺ] menunjuk diriku sebagai pengawas zakat Ramadhan. Tiba-tiba datang seseorang dan mengais makanan, maka aku segera menangkapnya dan berkata kepadanya: “Sungguh demi Allah akan saya ajukan kamu menghadap Rasulullah [ﷺ]!!” Namun dia berkata: “Sungguh saya sangat membutuhkannya, saya memiliki tanggungan keluarga dan kebutuhan yang mendesak.” Maka aku biarkan dia berlalu. Pada pagi harinya Rasulullah [ﷺ] bertanya: “Wahai Abu Hurairah apa yang diperbuat oleh tawananmu tadi malam?” Aku jawab: “Wahai Rasulullah, dia mengadu bahwa dia memiliki tanggungan keluarga dan kebutuhan yang mendesak, aku iba melihatnya maka aku biarkan dia berlalu.” Maka beliau berkata: “Sesungguhnya dia telah mendustaimu dan dia akan kembali lagi!” Maka saya tahu bahwa dia akan kembali lagi karena Rasulullah yang mengatakan bahwa dia akan kembali lagi.

Maka (malam harinya) aku pun mengintainya. Datanglah dia sembari mengais makanan, maka saya menangkapnya dan berkata kepadanya: “Sungguh akan saya bawa kamu menghadap Rasulullah [ﷺ]!!” Dia berkata, “Biarkanlah saya berlalu, karena saya sangat butuh dan memiliki tanggungan keluarga, saya tidak akan kembali lagi.” Saya merasa iba kepadanya. Pagi harinya Rasulullah [ﷺ] berkata: “Wahai Abu Hurairah apa yang diperbuat oleh tawananmu tadi malam?” Aku berkata: “Wahai Rasulullah, dia mengadu bahwa dia memiliki tanggungan keluarga dan kebutuhan yang mendesak, saya iba melihatnya maka aku biarkan dia berlalu.” Maka beliau berkata: “Sesungguhnya dia telah mendustaimu dan dia akan kembali lagi!!”

Maka (pada malam harinya) aku pun kembali mengintainya. Dia pun datang kembali dan kembali mengais makanan. Maka aku kembali menangkapnya dan berkata: “Sungguh akan saya bawa kamu menghadap Rasulullah [ﷺ]!! Ini adalah ketiga kalinya kamu berkata untuk tidak akan kembali lagi namun kamu masih juga kembali!!”. Dia berkata: “Biarkanlah aku berlalu dan aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat yang akan bermanfaat bagimu.” Saya berkata: “Apa itu?” Dia menjawab: “Jika kamu menuju tempat tidurmu (yakni hendak tidur) hendaklah kamu membaca Ayat Kursi: ((اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَي الْقَيُّوم hingga selesai, maka niscaya kamu akan senantiasa dalam penjagaan Allah dan tidak akan didekati oleh syaithon sampai pagi.”

Maka kembali saya biarkan dia berlalu. Pagi harinya Rasulullah [ﷺ] bertanya lagi kepadaku: “Apa yang dilakukan oleh tawananmu tadi malam?” Aku menjawab: “Wahai Rasulullah dia menyatakan telah mengajarkan kepadaku beberapa kalimat yang Allah akan mendatangkan manfaat bagiku dengan kalimat-kalimat tersebut, maka karena itu saya membiarkan dia berlalu.” Rasulullah [ﷺ] bertanya, “Apa kalimat-kalimat itu?” Aku menjawab: “Dia mengatakan: “jika kamu menuju tempat tidurmu (hendak tidur) maka bacalah Ayat Kursi dari awal hingga akhirnya, maka niscaya kamu akan senantiasa berada dalam penjagaan Allah dan syaithan tidak akan bisa mendekatimu sampai pagi.” –Para shahabat adalah orang-orang yang paling bersemangat dalam melaksanakan kebajikan–

Rasulullah berkata:

{ أَمَا إِنَّهُ قَدْ صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوبٌ }


“Sungguh kali ini dia telah berkata jujur kepadamu dan dia adalah pendusta. Tahu kah kamu siapa yang kamu ajak bicara selama tiga malam kemarin wahai Abu Hurairah?” Aku menjawab: “Tidak” Rasulullah [ﷺ] bersabda: “Dia adalah syaithan!!”

Bersambung insya Allah ...

📮••••[ Edisi Faidah ]
/ t.me/ukhuwahsalaf
/ www.alfawaaid.net
✍🏻__ [ Dari ]
/ bit.ly/2JXxnUW

0 komentar

Post a Comment