Friday, September 25, 2020

[Video] Mewaspadai Sebab Terjadinya Ikhtilaf Wa Furqah


________


🚇MEWASPADAI SEBAB TERJADINYA IKHTILAF WA FURQAH 🔥 AL-MUNAFASAH BAINAL AQRAN 🔥

❱ Disampaikan oleh Al-Ustadz Muhammad Afifuddin as-Sidawy hafizhahullah

Simak selengkapnya di:
📹| https://youtu.be/BZ0zRfIwNx0
( HQ - Durasi: 06:09 )

Transkrip lengkapnya di:
https://bit.ly/Fw420201

Diantara asbab ikhtilaf wa furqah -baarakallahu fiikum- ialah al-munafasah bainal aqran (persaingan antara dua orang yang selevel).

Persaingan apa ini? Macam-macam!! Mungkin saingan bisnis. Munafasah itu kesannya jelek, konotasinya sangat jelek. Persaingan, sikut-sikutan, cikar-cikaran, munafasah bainal aqran (persaingan antara dua orang yang selevel).

Yang ini memasarkan helbal A, yang itu helbal B. Namanya beda produknya sama. Yang A banting harga, yang ini tekuk harganya. Al-muhim munafasah bainal aqran, saling jatuh menjatuhkan, saling sikut-sikutan dalam urusan bisnis. Itu juga merupakan asbab al-ikhtilaf -baarakallahu fiikum- antara mereka berdua ini. Faham ya..?

Yang lebih mengerikan lagi -baarakallahu fiikum- al-munafasah bainal aqran dalam urusan dakwah. Persaingan antara dua pihak yang selevel dalam urusan dakwah. Munafasahnya bisa dalam bentuk rebutan mad'u, rebutan tempat taklim, rebutan waktu-waktu kajian taklim, rebutan lahan dakwah, rebutan kepengurusan dakwah dsb. atau yang semisalnya, munafasah bainal aqran.

Itu asbab ikhtilaf yang lebih mengerikan, kenapa? Yang satu ini orang terpandang, punya orang-orang di belakangnya. Yang ini juga terpandang, punya (orang-orang) di belakangnya. Adanya grup A - grup B, klub A - klub B. Masing-masing dengan jadwal taklimnya, dengan halaqah-halaqahnya, dengan mad'unya, dengan pengikutnya, dengan gayanya. Ini selalu demikian. Ikhtilaf panjang ya ikhwan ... Itu merupakan sebab perpecahan, ikhtilaf baina ahlussunnah. Itu namanya munafasah baina aqran.

Ini penyulutnya -baarakallahu fiikum- satu kalimat yang lebih umum lagi, iaitu "Umur Sahsiah".

Disebut umur sahsiah, perkara-perkara yang sifatnya peribadi. Dari sini akan muncul macam-macam, tadi munafasah bainal aqran, حب الظهور { senang untuk tampil }, حب الشهرة { senang untuk dimahsyurkan }, dan semisalnya tadi.

Kalau antara penjual herbal gampang urusannya. Yang disenangkan konsumen. Produk sama harga murah kan senang konsumen ya..?? ...

Tapi masalahnya baina du'at, diantara da'i-da'i ahlussunnah, itu perkara yang sangat mengerikan. Al-Munafasah bainal aqran, itu asbab ikhtilaf, sebab terjadinya ikhtilaf wal furqah.

Yang lebih mengerkan lagi, semacam tabdi', tabdi'ul mukhaalif, mengklaim vonis bid'ah setiap orang yang menyelisihi dia, kemudian tafsiq, memvonis fasik setiap orang yang menyelisihi dia, atau sekarang dengan bahasa tahzib, tahzib itu mengklaim hizbi siapapun yang menyelisihi dia. Ini semuanya -baarakallahu fiikum- dikarenakan ada satu penyakit, namanya penyakit ta'asshub.

Fanatik yang berlebihan kepada seseorang akhirnya membangun al-wala wal bara di atas orang tadi. Ujungnya ialah membid'ahkan, memfasiqkan, menghizbikan siapa saja yang berseberangan dengan orang tadi. Ini lebih mengerikan lagi, merupakan sebab ikhtilaf yang sangat dahsyat yang sangat mengerikan. Apalagi yang ikut tampil dalam ajang penghizbiyan tadi itu semua pihak, lebih mengerikan lagi. Baarakallahu fiikum. Faham ya..??

Sehingga asbabul ikhtilaf katsiratun jiddan baina ahlissunnah wa ghairim. Sebab-sebab terjadinya perpecahan, perselisihan di antara ahlussunnah sangat banyak. Ada yang sifatnya prinsip, ada yang terkait dengan bab muamalah, ada yang terkait dengan bab urusan pribadi yang disangkut pautkan dengan perkara dakwah. Intabih..!!

📮••••|Edisi| t.me/Mp3_kajian / www.alfawaaid.net

0 komentar

Post a Comment