Sunday, June 24, 2018

Kenapa Muhammad bin Hadi Dikatakan “Tidak Berilmu” Padahal Sebelumnya Digelari Sebagian Orang Dengan “al-Hafizh”?!


🚇KENAPA MUHAMMAD BIN HADI DIKATAKAN “TIDAK BERILMU” PADAHAL SEBELUMNYA DIGELARI SEBAGIAN ORANG DENGAN “AL-HAFIZH”?!

Berkata Asy-Syaikh Mar’iy al-Mubarakiy -hafizhahullah-:

فالشيخ ربيع وصف شيخ الصعفقة بأنه لا علم عنده وذلك بعد أن تغير واتبع هواه ولم يطلق الإمام الربيع ذلك الكلام عبثا بل هو حامل لواء الجرح عالم بمدلولات الكلام نحسبه كذلك ولا نزكي على الله أحدا، فشيخ الصعفقة خالف العلم والدليل والحجة والبرهان فظلم البرآء فاستحق بمخالفته للدليل والحجة والعلم أن يكون لا علم عنده،

قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله: { فَإِن مُجَرّد الْعلم بِالْحَقِّ لَا يحصل بِهِ الاهتداء إِن لم يعْمل بِعِلْمِهِ } [أمراض القلوب ص12]

وقال أيضا رحمه الله: { وكذلك من عمل بخلاف الحق فهو جاهل وإن علم أنه مخالف للحق كما قال سبحانه: { إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللَّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوءَ بِجَهَالَةٍ } قال أصحاب محمد صلى الله عليه وسلم: كل من عمل سوءا فهو جاهل. وسبب ذلك أن العلم الحقيقي الراسخ في القلب يمتنع أن يصدر معه ما يخالفه من قول، أو فعل فمتى صدر خلافه فلا بد من غفلة القلب عنه، أو ضعفه في القلب بمقاومة ما يعارضه وتلك أحوال تناقض حقيقة العلم فيصير جهلا بهذا الاعتبار. } [اقتضاء الصراط المستقيم ج1ص256]

❒ “... sehingga Syaikh Rabi’ menyifati syaikhnya ash-sha’faqah (yaitu Muhammad bin Hadi) dengan “tidak ada ilmu padanya” hal tersebut pasca ia berubah dan mengikuti hawa nafsunya.

(( ※ )) Asy-Syaikh Rabi’ tidak melontarkan kalimat itu dengan sia-sia. Bahkan beliau adalah “Pembawa Panji al-Jarh” yang memahami kandungan ucapannya. Kami menimbang beliau demikian dan kami tidak mentazkiyah atas nama Allah kepada seorang pun.

(( ※ )) Maka syaikhnya ash-sha’faqah telah menyelisihi ilmu, dalil, hujjah, dan bukti. Ia telah berbuat zhalim terhadap orang yang baro’ (bersih dari tuduhannya). Sehingga ia berhak -dengan penyelisihannya terhadap dalil, hujjah, dan ilmu- untuk menjadi “tidak ada ilmu padanya”.

•• Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah -rahimahullah- berkata: “Sungguh sekedar mengilmui kebenaran tidak serta-merta meraih hidayah dengannya, jika ia tidak mengamalkan ilmunya.” [Amraadhul Quluub, hal. 12]

•• Beliau -rahimahullah- juga berkata: “Demikian pula seorang yang beramal menyelisihi al-haq maka ia jaahil (tidak berilmu) walaupun ia berilmu bahwa ia menyelisihi al-haq. 

Sebagaimana Allah Yang Maha Suci berfirman:

{ إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوَءَ بِجَهَالَةٍ }

“Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan.” [QS An-Nisaa’: 017]

Para Shahabat Muhammad [ﷺ] berkata, “Setiap yang beramal dengan kejelekan maka ia jahil (tidak berilmu).”

Dikatakan demikian itu karena ilmu yang sejati yang kokoh di dalam hati akan mencegah untuk muncul bersama ilmu tersebut sesuatu yang menyelisihinya dari ucapan atau perbuatan. Sehingga kapan muncul penyelisihan terhadap ilmu maka itu datang dari hati yang lalai dari ilmu. Atau lemahnya ilmu itu di dalam hati untuk menghadapi apa yang menyelisihinya. Dan kondisi-kondisi tersebut berlawanan dengan hakikat ilmu sehingga ia berubah menjadi kejahilan dari sisi ini.” [Iqtidha’ Shirathil Mustaqim: 1/ 256]

Url: http://bit.ly/Fw391013
📮••••|Edisi| @ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net

// Sumber: WA Salafy Sumatera // ✍️Muhibbukum fillah: Al-Ustadz Abu Yahya al-Maidani hafizhahullah // Dari: https://t.me/sa3afi9a/3114

0 komentar

Post a Comment