Tuesday, June 4, 2019

Berpuasa Dan Berhari Rayalah Dengan Ru'Yah Hilal Yang Ditetapkan Pemerintah Di Negerimu


🚇BERPUASA DAN BERHARI RAYALAH DENGAN RU'YAH HILAL YANG DITETAPKAN PEMERINTAH DI NEGERIMU

❱ Asy-Syaikh al-'Allamah Shalih al-Fauzan hafizhahullah

[ Pertanyaan ]

Apabila awal Ramadhan misalnya jatuh pada hari Sabtu berdasarkan ketetapan Kerajaan Saudi Arabia sedangkan berdasarkan ketetapan di negara Aljazair awal Ramadhan jatuh pada hari Ahad, maka bagi seseorang yang tinggal di Aljazair dan ia berpuasa mengikuti ketetapan Kerajaan Saudi Arabia, apakah boleh yang demikian ini ataukah tidak?

Karena apabila ia menyelesaikan puasanya (berbuka) mengikuti ketetapan Saudi Arabia maka pada hari itu di negaranya masih puasa, namun apabila ia masih berpuasa di hari itu maka di negara yang ia ikut berpuasa bersamanya (yakni di Saudi Arabia) sudah masuk hari 'ied?

[ Jawaban ]

Nabi [ﷺ] bersabda:

{ صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته. }

“Berpuasalah kalian karena melihat hilal dan berbukalah (selesaikanlah puasa) kalian karena melihat hilal!” [HR. Al Bukhari]

Maka Nabi [ﷺ] mengaitkan wajibnya memulai berpuasa karena melihat hilal, dan hal itu berbeda-beda dengan perbedaan mathla' (tempat dilihatnya atau munculnya hilal) atas pendapat yang shahih dari dua pendapat Ulama. Dan tidak diragukan lagi bahwa mathla' di al-Jazair tentu berbeda dengan mathla' di kerajaan Saudi Arabia. Maka masing-masing individu hendaknya berpuasa bersama orang-orang yang ada di wilayah dan negara yang ia tinggal di dalamnya apabila mereka melihat hilal serta menyelesaikan puasa bersama mereka.

Sehingga bagi Anda, ketetapan yang berlaku untuk Anda adalah ketetapan yang berlaku untuk kaum muslimin yang Anda tinggal bersama mereka dimanapun tempatnya, sama saja apakah di al-Jazair ataukah selainnya, Anda berpuasa bersama mereka dan menyelesaikan puasa juga bersama mereka.

[ السؤال ] إذا كان أول رمضان مثلاً يوم السبت بالنسبة للمملكة العربية السعودية وبالنسبة للجزائر كان اول يوم الاحد، فمن كان يقطن في الجزائر وصام مع المملكة، هل يجوز هذا ام لا ؟ لانه اذا افطر مع السعودية كان ذلك اليوم صياما في بلده واذا صام هذا اليوم كان يوم عيد في البلد التي صام معها؟

[ الجواب ] قال النبي صلى الله عليه وسلم { صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته. } (رواه البخاري)، فعلق صلى الله عليه وسلم وجوب الصيام برؤية الهلال، وذلك يختلف باختلاف المطالع على الصحيح من قولي العلماء، ولا شك ان المطلع في الجزائر قد يختلف عن المطلع في المملكة، فكل انسان يصوم مع اهل الاقليم واهل البلد الذي هو فيه اذا رأوا الهلال ويفطر معهم. فأنت حكمك حكم المسلمين الذين تسكن معهم في اي اقليم كان، سواء في الجزائر او في غيرها، تصوم معهم وتفطر معهم.

Url: http://bit.ly/Fw400915
📮••••|Edisi| t.me/ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net

// Sumber: Tg @SalafyMajalengka / Dari: Ajurry•com { http://bit.ly/2IgzrTn }

0 komentar

Post a Comment