Friday, October 27, 2017

Karena Ada Penyakit Di Dalam Jiwa


🚇KARENA ADA PENYAKIT DI DALAM JIWA

Asy-Syaikh Rabi’ bin Hady al-Madkhaly hafizhahullah

[ Pertanyaan ]

“Semoga Allah menjaga Anda, terkadang banyak terjadi khilaf dan salah paham antara salafiyyin sendiri, maka apa arahan dan nasihat Anda agar mereka ikhwah salafiyyin bersatu hati dan meredam fitnah dan perselisihan?

[ Jawaban ]

■ “Hal ini muncul dari lemahnya ketakwaan kepada Allah dan kekokohan serta istiqomah. Andaikan ada tsabat (kekokohan) dan istiqomah di atas perintah Allah yang hak maka kamu tidak akan menemui semisal perkara-perkara tersebut.

[▴] Namun ada penyakit-penyakit dalam jiwa. Sehingga hendaknya mereka berlepas dari penyakit-penyakit dalam jiwa ini. Dan sepatutnya mereka untuk teguh dan istiqomah di atas al-haq, mereka akan menjadi jasad yang satu.

◈ Sebagaimana Rasulullah -ﷺ- bersabda:

《 مَثَلُ المؤمنين في تَوَادِّهم وتراحُمهم وتعاطُفهم مثلُ الجسد، إِذا اشتكى منه عضو تَدَاعَى له سائر الجسد بالسَّهَرِ والحُمِّى 》

“Perumpamaan orang-orang beriman dalam rasa cinta, kasih sayang, dan ikatan mereka semisal satu tubuh. Apabila satu anggota badan mengeluh (sakit) maka seluruh bagian jasad lainnya saling merasakan dengan terjaga (tidak tidur semalaman) dan ikut demam.” [HR al-Bukhari dan Muslim]

■ Maka aku wasiatkan kepada mereka untuk:
▸ Bertakwa kepada Allah, kokoh, dan istiqomah (di atas kebenaran). Dan aku wasiatkan untuk diriku sendiri kepada hal tersebut sebelum mereka. Baarakallah fiikum.
▸ Dan hendaknya bersemangat untuk saling bersaudara, saling mencintai, saling mengasihi, dan saling berkunjung karena Allah -Tabaraka wa Ta’ala- sebagai pengganti dari kita saling marah, tidak suka, dan benci dengan saling cinta, mengasihi dan berhubungan.

■ Kemudian termasuk hal yang menjauhkan perselisihan dari kita yaitu kita menjauhi segala sebab yang membawa kepada perpecahan.
▸ Orang yang ini berjalan bersama sururiyyin seraya berkata “Aku tidak ingin meninggalkannya!”. Kamu menjadi sebab terjadinya perpecahan dan perselisihan.
▸ Sedang yang ini berjalan bersama ikhwani, yang ini pergi bersama kelompok hizbi yang itu, bersama kelompok fulan; menjadi sebab perpecahan dan terbelahnya salafiyyin.

[▴] Dan perselisihan diantara mereka dan sebab-sebabnya sangat banyak yang tidak mampu menghitungnya kecuali Allah -ﷻ-.

Oleh sebab itu:
▸ Jauhilah sebab-sebab perselisihan secara menyeluruh.
▸ Bersemangatlah untuk berpegang teguh kepada Al-Quran dan Sunnah.
▸ Saling memahami antara kalian dengan bersandar kepada Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya -‘alaihish shalatu wassalam-

(dengannya)
▸ Hati-hati kalian akan bersatu dan berkumpul -baarakallah fiikum-.
▸ Hati dan jasad kalian akan berada di atas kebenaran dan kebaikan.”

فقد سئل العلامة ربيع بن هادي المدخلي -حفظه الله-

[ هذا السؤال ]

يقول السائل حفظكم الله تكثر أحيانًا الخلافات وسوء التفاهم بين السلفيين أنفسهم فما توجيهكم ونصائحكم كي يكونوا الأخوة السلفيين على قلب رجل واحد ويتفادوا الفتن والنزاعات؟

[ فأجــاب - حفظه الله ]

■ هذا ناشئ عن الضعف في تقوى الله والثبات والاستقامة؛ لو كان هناك ثبات واستقامة على أمر الله الحق ماتجد مثل هذه الأشياء،

[▴] ولكن في هناك أمراض نفسية فليتخلصوا من هذه الأمراض النفسية، وليثبتوا وليستقيموا على الحق فسيكونون مثل الجسد الواحد،

◈ كما قال عليه الصلاة والسلام: 《 مَثَلُ المؤمنين في تَوَادِّهم وتراحُمهم وتعاطُفهم مثلُ الجسد، إِذا اشتكى منه عضو تَدَاعَى له سائر الجسد بالسَّهَرِ والحُمِّى 》،

■ فأنا أوصيهم بتقوى الله والثبات والاستقامة وأوصي نفسي بذلك قبلهم -بارك الله فيكم-، والحرص على التآخي والتحاب والتواد والتزاور في الله -تبارك وتعالى-، بدل من أن نتبادل البغضاء والشنآن والكراهية نتبادل الحب والتراحم والتعاطف،

■ ثم مما يبعدنا عن الخِلافات أن نتجنب كل الأسباب التي تؤدي إلى الفرقة، هذا يروح مع السرورين يقول ما أريد أن اتركه! تسببت في الفرقة والفتن، هذا يذهب مع الإخوان هذا يذهب مع الحزب الفلاني يذهب مع الطائفة الفلانية تسببت في الفرقة وتسببت في تفريق السلفيين،

[▴] والخلافات بينهم والأسباب كثيرة مايحصيها إلا الله -عز وجل-

فتجنبوا أسباب الخلافات تمامًا واحرصوا على التمسك بالكتاب والسنة، والتفاهم فيما بينكم بكتاب الله وسنة رسوله -عليه الصلاة والسلام- تأتلف قلوبكم وتجتمع بارك الله فيكم قلوبكم وأجسادكم على الحق والخير.

{ Judul dari Admin }
📮••••|Edisi| @ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net
₪ Dari WA Majmu'ah Salafy Sumatera - Alih bahasa: al-Ustadz Abu Yahya Abdullah al-Maydaniy hafizhahullah // Sumber: http://ift.tt/2zdAPEj

➥ #Manhaj #waspadai #perbaiki #penyakit #jiwa #ukhuwah #jauhi_fitnah

0 komentar

Post a Comment